Virus, Malware, Spyware, Trojan, dkk

    Author: Budiarno Genre: »
    Rating

    Sakit hati jika suatu saat enak-enak browsing, tiba-tiba layar dipenuhi PopUp dari situs-situs yang gak jelas asal-usulnya. Apalagi jika saat semangat buat nyari info di internet sedang menggebu-gebu. Serangan virus/malware/spyware/trojan dan sebangsanya memang tidak kenal siapa mangsanya. Saya sudah sangat sering mengalami hal ini, dan solusi terakhir yang sering saya ambil adalah “Fresh Install” lagi PC (maklum, beginilah kalo make Banyak Jendela), penyakitnya bertebaran dimana-mana.

    Bentuk serangan yang mengatasnamakan situs “security scanning your PC” adalah yang sering saya temukan. Kadang-kadang karena saking buru-buru, tanpa baca apa “pesan” yang keluar sebelum sebuah website diload, saya tekan saja tombol “OK” nya. Padahal disinilah awal dari musibah itu. KURANG HATI-HATI!

    Kelemahan kita yang seperti inilah yang seringkali membuat kita dengan mudahnya terjangkiti sebuah penyakit di PC. Padahal, jika saja kita lebih teliti dan hati-hati, dengan tidak mudahnya percaya pada pesan keamanan atau istilah kerennya “Security Warning”, dengan mudah pula kita bisa lepas dari jebakan penyakit seperti ini.

    Virus dan sebangsanya yang menyerang ketika kita sedang online browsing sebuah situs tertentu (biasanya hasil redirect dari sebuah link yang tidak kita ketahui dengan jelas), membuat koneksi kita jadi “lemot / sangat lambat”, baru kemudian kita diserang dengan membukanya banyak jendela tanpa kita buka sendiri, dan kadang-kadang tidak bisa kita tutup kecuali kita “Turn Off, Restart, atau apalah istilahnya untuk matikan PC”.

    Penyakit seperti inilah yang paling menjengkelkan, dan yang paling sering diserang malah Internet Explorer, tapi ketika kita buka browser lainnya (Opera dan Firefox) jendelanya gak buka sendiri tapi buka satu jendela saja tidak bisa walaupun koneksi terbilang kenceng. Kalau sudah begini, cobalah scan pake AntiVirus yang ada di PC masing-masing.

    Scanning virus lebih baik dijalankan pada “Safe Mode”, ini lebih baik karena hanya beberapa service yang jalan pada “Safe Mode”. Terpentingnya lagi, sebaiknya PC diinstall AntiVirus khusus untuk Internet, seperti Kaspersky Internet Securiti (KIS) dan antivirus lain yang serupa.

    Namun, sekali lagi saya tegaskan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika ada peringatan “Security Warning” dari situs / website manapun yang tidak anda ketahui jelas, ABAIKAN SAJA dengan memilih Opsi “Cancel”. Itu lebih selamat.

    Semoga Bermanfaat.


    Leave a Reply